Sabtu, 06 Juli 2013

cin(T)a

Saya sadar kalo' sebenernya dalam hidup banyak banget perbedaan. Mungkin biar bisa nyatu, jadi Tuhan bikin dunia ini beda-beda isinya. Bahkan Indonesia aja punya kata-kata mujarab yang bisa nyatuin seluruh rakyatnya dari Sabang sampai Merauke, iya.."Bhinneka Tunggal Ika" yang artinya "Meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu jua" katanya. Meskipun saya juga heran, kenapa di Ambon sana masih banyak orang yang perang tentang suku ini dan suku itu. Yang katanya "satu" dan udah merdeka, tapi masih aja angkat senjata.....bla..bla..bla..
Eh, Nasionalis banget kan saya ngomongnya? haha..

Dibalik itu, diantara perbedaan yang bisa menyatukan manusia dengan manusia lainnya adalah "cin(T)a". Banyak kan orang Manado yang nikah sama orang Jawa, orang Sunda yang nikah sama orang Betawi, orang Makassar nikah sama orang Papua (mungkin),dan lain-lain. Mungkin mereka menerapkan prinsip, "perbedaan yang bikin persatuan." Indah mungkin yaa?


Tapi anehnya saya sendiri kalap dengan kata-kata itu. Padahal juga gak sampai beda agama kayak cerita yang saya tonton semalem pas kena insomnia mendadak. Saya nonton film "cin(T)a". Yang nyeritain cowok bernama Cina yang beragama kristen dan Anisa yang beragama Islam. Ya memang kamu bukan Cina, dan saya juga bukan Anisa, karna kita masih saudara.
  Iya... Tuhan kita sama dan disembah dengan cara yang sama, pastinya Allah SWT. Nah, sesama muslim itu disebut saudara kan? Makanya saya bilang kita saudara. Sayangnya, suku kita beda. Kita masih satu provinsi sih, tapi beda pulau. Kita juga sama-sama suka music, bedanya kamu bisa main alat music, sayanya cuma manggut-manggut doank dengerin. Hehe...

Tapi, saya heran sebenernya sama kita. Kamu yang harusnya punya watak keras, malah kadang bisa punya sikap lembut dan perhatian meskipun sering ngambekan dan malah gak saya respon, hehe... Sedangkan saya yang notabene orang Jawa tulen yang harusnya punya watak kalem, halus, dan kejawen gitu. Malah agak cuwek dan sering EGP sama perasaan orang. (bingung sendiri).
Mungkin maka dari itu saya gak bisa mempertahankan semuanya terlalu lama, atau dengan alasan-alasan lain yang mengiringi. Tentunya gak mungkin saya tulis disini. (hup..!! tutup mulut)

Eh, ada satu lagi sebenernya pertimbangan saya. Kalo' ortu saya rada' ragu kalo' saya dapet pasangan dari suku kamu. Yaa, karna yang saya bilang tadi. Mereka terkesan lebih keras dari suku saya sendiri. Yaa meskipun emang relatif sifatnya, entahlah. Saya gak tau ahh...!!

Sayangnya, tiap saya nyoba lupain kamu, selalu gagal. Tapi, gak bisa melupakan belum tentu juga cin(T)a itu masih nagkring dihati. Ini karna saya suka sama budaya kamu dan suka bahasa daerah kamu, yang sebenernya kadang saya gak ngerti juga kamu ngomong apa. Oh ya,kadang kamu juga kepengen kan ngerti bahasa saya? Sayangnya kata kamu susah gitu ngucapin bahasa Jawa. Padahal kan ribet bahasa kamu yang ngomongnya cepet banget, ngomong kok kayak dikejar satpol PP. (peace..!!). Tapi untungnya kita masih satu Negara yaa.. Jadi masih ada jalan pintas dengan ngomong bahasa Indonesia. Itu mungkin gunanya ada Bhinneka Tunggal Ika.

Dan satu lagi yang gak bisa saya lupa, beberapa kali saya kenal sama orang lain, sayangnya kesukaan mereka sama kayak kamu. Tau apa? NOAH. Yupp..!! Tau deh ahh... tiap saya liat Ariel, kayak ada orang lain dalam diri Ariel. Sialnya itu yang bikin saya slalu inget sama sesuatu tentang kamu. Yaa.. kayak pas saya nulis ini. Saya lagi liat beritanya Ariel di Trans7. *Ciyusss...
Oke, no problem lah tentang itu..

Perlu kamu ketahui, bahwa memutuskan seseorang menjadi yang pertama itu susahnya bukan main buat saya. Saya gak main-main tentang itu, tapi kamu tahu kondisi dan posisi saya. Dan seabrek penjelasan yang saya tulis sebelum sampai dihuruf ini. Saya cuma gak mau, ketika kamu menganggap saya pemberhentian terakhir kamu tapi tanpa kejelasan, mimpi kamu berhenti disini. Itu akan membuat saya merasa bersalah seumur-umur dan membuat kamu kehilangan yang seharusnya kamu dapat.

Jangan galau terus donkz..!!

Btw, kamu tadi bilang tentang masa lalu kamu kan yaa? Pas kamu bilang gitu tadi, saya berasa planet Venus turun ke Bumi tau'... (ech, gk.. saya gak serius tentang itu).
Saya sih, udah gak ada hak apapun tentang hidup kamu. Apa yang ada dihidup kamu, saya setuju atas keputusan kamu deh..!! Dari semenjak lima bulan lalu, saya juga udah bilang kan kalo' kamu free, sayangnya aja kamu masih duduk santai disini nikmatin pahit. Padahal semut aja bakalan pergi sendiri tanpa disuruh pergi kalo' emang udah gak ada yang manis.

Malam ini,ketika kamu galau. Saya malah lagi seneng-senengnya. Habis jalan sama seorang lelaki, nikmatin malam minggu cuma berdua aja. Naik motor muter-muter dan akhirnya berhenti di counter hp. Yeaahh..!! Saya dibeli'in hp baru, plus flashdisk sekalian. Kurang seneng apa coba'?
(saya udah bilang ke kamu kan kalo' hp saya rusak kemarin itu?)

Pulangnya ngeliatin ramenya distro yang baru buka dan ngadain promo sampek malem. Rame banget, sayang saya cuma ngelirik doank sambil senyum-senyum lihat hp baru dibungkusan yang saya pegang. Oke, gpp..!! Saya pulang dan nikmatin malam minggu yang menyenangkan sambil ngeliatin bintang sepanjang jalan. Sayang rokok orang yang boncengin saya itu sedikit mengganggu. But, over all..!! I'm very happy tonight.. with my lovely father..!! Iya, orang yang saya maksud itu Ayah saya sendiri.
Makasih buat jalan-jalannya... makasih buat hp dan fd barunya...

Dan buat kamu yang masih galau disana, putuskan yang menurutmu baik..!!
Yang saya pengen, antara perbedaan kita. Semoga Tuhan tetap mempersatukan kita dalam ukhuwah islam. Sebagai saudara yang saling menghargai dan menghormati. Saya sudah bahagia sekarang, kata kamu kalo' saya bahagia kamu juga bahagia kan? Jadi, sekarang tanggungan kamu nunggu saya bahagia udah berakhir. Silahkan mencari kebahagiaan kamu sendiri dan kabarkan ke saya nanti. (angkat jari kelingking)

4 komentar:

  1. Cinta berbeda agama itu...
    banyak sekali pertimbangannya lho hehe
    Nice posting :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, pasti dipertimbangkan klo' beda agama. Lha beda suku aja jg .. (ngmongin diri sendiri), hehe..

      thank's..

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus