Senin, 22 April 2013

Si manusia salmon

            Kalo' inget kata-kata Raditya Dhika di bukunya yang "Manusia Setengah Salmon" yang kaya' begini: "bahwa esensi kita menjadi makhluk hidup adalah pindah", gue inget sama hidup gue sendiri. Mungkin emang itu yang sedang terjadi sama gue.

            Ini reviewnya:

1) Waktu gue masih kecil dulu, gue tinggal di Kediri, pas waktunya gue masuk sekolah TK. Ortu gue ngajakin gue pindah ke Blitar, tepatnya ke rumah kakek and nenek gue disana. Gue akhirnya sekolah TK disana meskipun cuma 1 thn. Kakak gue sekolah tepat 1 thn diatas gue, waktu gue TK A, dia TK B. Tapi kita berdua gak satu sekolahan, setelah kakak gue lulus dari TK-nya dan gue masih ngambang. Ortu gue ngajak pindah lagi ke Kediri, kita tinggal dirumah kontrakan yang terkenal serem di desa. Gimana gak serem kalo' rumah itu dibangun tepat disebelah kebon, sawah, dan di deket sawah itu ada kuburan. Iya, kuburan... rumah gue yang paling deket sama kuburan itu. Tapi selama gue hidup disana, ngerasa fine-fine aja meski emang pernah ngerasa ada hal-hal aneh sedikit.

2) Setelah peristiwa perpindahan gue itu, gue di daftarin di TK seberang rumah. Sedang kakak gue sekolah di SD yang emang masih satu lembaga sama TK yang gue tempati, gak sampek seminggu seinget gue, gue udah disuruh pindah lagi ke RA dusun sebelah, dan tetep bareng sama kakak gue juga. Dia sekolah di MI-nya. Dan disini gue ngerasa bener-bener kaya' manusia salmon yang disuruh pindah-pindah terus.
Ini kenangan yang gue punya:
foto ijazah RA
3) Setelah gue lulus dari RA itu, gue sedikit bisa bernapas lega karna gak perlu pindah-pindah sekolah lagi. Gue nerusin MI gue disana juga, ternyata hal ini pun tetep berlanjut sampek gue menginjak kelas VII, gue tetep disatu lembaga itu. Yupz, ngelanjutin MTs gue disana... Jadi kurang lebih sekitar 11 thn gue sekolah dalam satu lokasi. Kalo' loe tanya gue bosen atau gak? Gue bakalan bilang "Gak", karna disana gue ketemu sahabat yang bener-bener setia dari gue masih awal masuk situ sampek sekarang. Dan ini mereka yang lagi action gak jelas:
my friends GaJe
4) Nah, untuk kenangan gue di MTs. Gue bakalan bilang ini masa transisi gue yang paling nyenengin abis..!! Disini gue ketemu temen-temen yang..........emmm... apa yaa tepatnya kalo' gue bilang? Mungkin solid banget, kita semua sering banget ngumpul sekedar rujakan kaya' gini:
Acara rujakan dirumah gue
5) Akhirnya waktu gue sama temen-temen gue pun berakhir waktu lulus dari MTs, ketika mereka semua sekolah di tempat yang sama. Gue mengalami masa-masa dimana gue merasa mirip sama ikan salmon lagi, yupzz..!! Tepat sekali, gue pindah lagi. Ini bukan pindah yang biasa-biasa aja, bukan sekedar pindah sekolah. Ini pindah habitat, iya... gue pindah ke pulau laen. Tepatnya Madura, gue mondok disana. Bangga sih iya, karna gue gak nyangka aja bisa kenal sama orang-orang yang berasal dari seluruh Indonesia. gue gak pernah kebayang gue bakalan kenal sama orang diluar Jatim. Ini beberapa memory gue waktu mondok:
ini kenangan waktu gue jadi komandan AREMA con's
kalo' ini, kenagan waktu lomba penjelajahan
6) Setelah berbagai kenangan gue di pondok itu, entah ada apa dengan gue. Mungkin lagi-lagi naluri gue sebagai species dari ikan salmon muncul lagi. Gue minta pindah dari sana, gue mau pulang, gue mau balik ke rumah, kehabitat gue yang asli. Dan ortu gue pun mengiyakan kemauan gue itu, akhirnya gue pindah ke MA yang agak jauh dari rumah gue. Yaa.. adaptasi lagi, emang itu konsekuensinya. Gue pegang kata-kata Bang Radit yang ini :"mungkin,gue hanya perlu mencari kebahagiaan-kebahagiaan kecil di antara semua perpindahan ini."
Ini salah satu foto gue setelah beradaptasi:
foto di musholla sekolah
 7) setelah semua perpindahan gue itu, gue masih berharap banget setelah ini gue pindah lagi. Gue pengen dapet yang lebih baik. Persis sama yang dibilang Bang Radit (lagi-lagi maaf menyebut namamu Bang), dia bilang gini di bukunya: "gue jadi berpikir,ternyata untuk mendapatkan sesuatu yg lebih baik,gue ga perlu menjadi manusia super. Gue hanya perlu menjadi manusia setengah salmon: berani pindah"

            Yaa... semoga harapan terakhir gue bisa tercapai. Mau gue jadi manusia setengah salmon sampai kapanpun, gue siap..!! Iya, gue bener-bener siap karna pengalaman gue kemaren-kemaren.

6 komentar:

  1. amiiiin moga aja kamu bakalan nemuin apa yang kamu cari dalam setiap perpindahan mu :D

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Uhukk..uhukk..
      dibilang lucu, langsung keselek...!! :)
      makaciihh qaqaq... :D

      Amien juga buat do'anya..!!
      do'a yg baik kembali baik pula...

      Hapus
    2. (y)
      tapi jngan pindah-pindah lok udah da d dlm hatiku low yha hehehehe :p

      Hapus
    3. Glekkk..!!
      gombal macam apa ini..??

      #siap pentungan

      Hapus
    4. hlohlohlo hlakok d pentung to sakit tau :(

      Hapus